Artikel

Imunisasi Bayi di Posyandu Tetap Dilakukan di Tengah Pandemi Covid-19

06 Mei 2020 11:42:38  Admin  275 Kali Dibaca  Berita Desa

PEMDES NGURUAN - Ditengah pandemi Covid-19, masyarakat desa harus tahu akan pentingnya imunisasi dan melakukan langkah penting untuk memastikan setiap anak dan kelompok rentan terlindungi dari penyakit berbahaya dengan imunisasi. Hal ini yang mendorong Bidan Desa Nguruan untuk melaksanakan imunisasi di Posyandu yang bertempat di Balai Desa Nguruan pada hari Rabu (6/5/2020).

Pelayanan imunisasi tetap diupayakan lengkap dan dilaksanakan sesuai jadwal untuk melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Yang disebut dengan PD3I adalah penyakit-penyakit yang sudah tersedia vaksinnya untuk upaya pencegahannya. Vaksin tersebut apabila diberikan kepada sasaran akan memberikan perlindungan baik sebagian maupun secara keseluruhan kepada sasaran tersebut.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan target Program Pengembangan Imunisasi (PPI). Tujuan awal PPI adalah untuk memberikan vaksinasi seluruh bayi yang lahir secara lengkap sebelum mereka mencapai usia satu tahun.

Roissatin Nisa', A.Md, Keb. selaku Bidan Desa mengatakan secara operasional pelayanan imunisasi baik di Puskesmas maupun Posyandu mengikuti kebijakan Pemerintah Kabupaten Tuban. Pelaksanaannya dengan memperhatikan prinsip pencegahan & pengendalian Covid-19 seperti:
1. Pengaturan alur pelayanan;
2. Mencuci tangan;
3. Jaga jarak (physical distancing); dan

4. Memakai masker.

"Ketika akan imunisasi gunakan masker, antri tidak terlalu lama dengan jarak 1-2 meter, jangan melakukan kontak dekat seperti ngobrol dan cuci tangan pakai sabun", ujar Bu Rois sapaan akrab Bidan Desa yang juga tergabung dalam Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Desa Nguruan. (Admin/SA)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


SEBARAN COVID-19 DI TUBAN

Tips Mencegah COVID-19

Aparatur Desa

Back Next

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:268
    Kemarin:328
    Total Pengunjung:163.778
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.200.252.156
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik Penduduk