Artikel

Forkopimcam Soko Sidak Ruang Isolasi bagi ODP

28 April 2020 13:06:13  Admin  103 Kali Dibaca  Berita Desa

PEMDES NGURUAN - Pada hari Senin (27/4/2020) rombongan forum koordinasi pimpinan kecamatan Soko (Forkopimcam Soko) yang terdiri dari Camat, Danramil, dan Kapolsek melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) datang meninjau langsung lokasi ruang isolasi / karantina yang dipersiapkan oleh Pemerintah Desa Nguruan bagi warga yang akan mudik/pulang kampung dengan status ODP yang tidak bersedia isolasi Mandiri di rumah.

Drs. Sudarto, SH selaku Camat Soko menyampaikan beberapa hal terkait ruang isolasi yang dinilai belum layak karena lantai belum keramik, belum ada plavon dan cat yang mulai memudar sehingga akan menjadikan ruang isolasi tidak nyaman ditempati. Beliau juga menyarankan kepada Pemerintah Desa agar kiranya segera menyusun RAB guna pelaksanaan rehab ruang isolasi.

"Sudah selayaknya ruangan ini direhab, Dana Desa dapat dipakai dengan catatan hanya diperbolehkan rehab lantai yang dulunya ubin menjadi keramik, plavon atap ruangan dan pengecatan", ujar Camat yang berdomisili di Kecamatan Jenu tersebut.

Selain itu fasilitas perlengkapan ruang isolasi juga perlu diperhatikan untuk kenyamanan warga yang akan dikarantina. Diantaranya ada tempat tidur, kipas angin, colokan charger HP dan fasilitas wifi. Selain itu kamar mandi dan WC harus layak juga, serta menyediakan ruangan khusus untuk tempat beribadah.

Pemerintah desa juga wajib menganggarkan konsumsi makan dan minum bagi warga yang menjalani isolasi selama 14 hari serta orang yang berjaga di ruang isolasi minimal 2 orang/piket.

Eko Siswanto, SE selaku Kepala Desa Nguruan langsung menindaklanjuti hasil kunjungan Camat tersebut dengan mendatangkan bahan bangunan berupa pasir, semen, keramik, kalsiboard, besi holo, dll.

"Rencananya mulai besok langsung kita eksekusi pemasangan plavon atap, setelah itu dilanjut pengeramikan lantai ruangan yang akan digunakan untuk ruang isolasi/karantina. Kalau kamar mandi, WC dan musholla saya kira sudah layak" ucap Pak Sis sapaan akrab Kades Nguruan.

Tampak pula 5 dipan tempat tidur dan kasur busa telah dipersiapkan untuk mengisi 2 ruangan isolasi. Kipas angin yang rencananya akan dianggarkan diubah menjadi AC guna menambah kenyamanan warga yang menjalani karantina di Balai Desa.

"Semua yang dibutuhkan untuk ruang isolasi sudah kami persiapkan demi kenyamanan, termasuk nantinya akan ada dapur umum sehingga warga yang di karantina dapat sesuka hati membuat kopi dan memasak mie instan apabila jatah makan dari kami dirasa masih kurang", pungkas Kades tiga periode tersebut. (Admin)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


SEBARAN COVID-19 DI TUBAN

Tips Mencegah COVID-19

Aparatur Desa

Back Next

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:269
    Kemarin:361
    Total Pengunjung:137.167
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.3.228.47
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik Penduduk