Artikel

Membangun Desa dengan Konsep Smart Village

02 April 2020 01:00:00  Admin  304 Kali Dibaca  Tulisan Warga

Desa merupakan unit terkecil dalam sistem pemerintahan. Desa memiliki peran yang sangat penting untuk pembangunan nasional. Membangun desa berarti juga memulai untuk pembangunan nasional. Terdapat banyak program-program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan pedesaan. 

Salah satu inovasi yang cukup terkenal akhir-akhir ini untuk lebih memajukan desa adalah dengan konsep Smart Village. Konsep ini merupakan pengembangan dari konsep Smart City yang lebih dulu dikenal di masyarakat. Konsep Smart City yang telah ada tidak bisa diterapkan di desa, karena konsep ini memang lebih cocok diterapkan di kota, serta antara kota dan desa memiliki karakter yang berbeda, sehingga kemudian muncul konsep Smart Village yang diterapkan di desa. 

Pada dasarnya, konsep Smart Village merupakan sebuah konsep bagaimana suatu desa dapat menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan cerdas.

Membangun desa dengan konsep Smart Village  tidak hanya berfokus pada penerapan kecanggihan teknologi di suatu desa, tetapi ada hal yang lebih utama, yaitu lebih kepada bagaimana konsep ini mampu mengubah kondisi masyarakatnya menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera, menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil yang berpotensi untuk menciptakan kewirausahaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan di desa agar lebih mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan pada masyarakat. 

Selain itu, kunci dari suksesnya konsep Smart Village adalah dengan menambah pengetahuan masyarakat desa melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan. Dengan adanya Smart Village ini, peran pemerintah desa akan lebih dioptimalkan dengan tujuan agar dapat mengelola sumber daya desanya secara efektif, efisien, dan sustainable

Pusat pelaksanaan Smart Village dapat dilaksanakan di kantor desa atau balai desa, sehingga kantor desa atau balai desa akan terus didatangi masyarakat yang kemudian hal ini juga akan berdampak baik untuk hubungan antara warga desa dan pemerintah desa, dan kantor desa atau balai desa diharapkan juga bisa berfungsi sebagai rumah kreatif warga atau dapat dikembangkan menjadi tempat Citizen Sourcing, yaitu tempat yang menfasilitasi masyarakat untuk memberikan ide atau inovasi yang dapat dikembangkan di desanya.

Web Desa / SID (Sistem Informasi Desa) merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep Smart Village. SID mempunyai dua fungsi, yakni keterbukaan informasi publik dimana semua orang dapat melihat informasi apa saja yang dilaksanakan oleh pemerintah desa diantaranya keterbukaan keuangan dan kebijakan kepala desa. Selain itu, SID ini bisa dijadikan sebagai pusat pelayanan bagi masyarakat setempat seperti pelayanan surat-menyurat.

Di era digital ini sudah semestinya pemerintah desa memanfaatkan web desa semaksimal mungkin, salah satunya untuk mempromosikan potensi yang ada di wilayahnya (baik berupa keindahan alamnya maupun produk unggulannya). Perlu diketahui bahwa ketika kita mengupload berita maka seluruh orang di dunia langsung bisa membacanya.

Berikut ini alamat Web Desa se-Kecamatan Soko :

BANGUNREJO : www.bangunrejo-soko.desa.id

CEKALANG : www.cekalang-soko.desa.id

GLAGAHSARI : www.glagahsari-soko.desa.id

GUNUNGANYAR : www.gununganyar-soko.desa.id

JATI : www.jati-soko.desa.id

JEGULO : www.jegulo-soko.desa.id

KENDALREJO : www.kendalrejo-soko.desa.id

KENONGOSARI : www.kenongosari-soko.desa.id

KLUMPIT : www.klumpit-soko.desa.id

MENILO : www.menilo-soko.desa.id

MENTORO : www.mentoro-soko.desa.id

MOJOAGUNG : www.mojoagung-soko.desa.id

NGURUAN : www.nguruan-soko.desa.id

PANDANAGUNG : www.pandanagung-soko.desa.id

PANDANWANGI : www.pandanwangi-soko.desa.id

PRAMBONTERGAYANG : www.prambontergayang-soko.desa.id

RAHAYU : www.rahayu-soko.desa.id

SANDINGROWO : www.sandingrowo-soko.desa.id

SOKOSARI : www.sokosari-soko.desa.id

SIMO : www.simo-soko.desa.id

SUMURCINDE : www.sumurcinde-soko.desa.id

TLUWE : www.tluwe-soko.desa.id

WADUNG : www.wadung-soko.desa.id

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


SEBARAN COVID-19 DI TUBAN

Tips Mencegah COVID-19

Aparatur Desa

Back Next

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:470
    Kemarin:469
    Total Pengunjung:193.438
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.215.185.97
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik Penduduk