09 Oktober 2019 15:45:52
Ditulis oleh Syaiful Arif

Musyawarah Desa Pembentukan Tim Penyusun RPJM dan RKP Desa Nguruan

Musyawarah Desa (Musdes) Pembentukan Tim Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa Nguruan Tahun 2020-2025 dan Pembentukan Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Nguruan Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Oktober 2019 jam 09.20 WIB bertempat di Pendopo Balai Desa Nguruan yang di hadiri oleh : Kepala Desa, Perangkat Desa, Tim Asistensi Kecamatan, Pendamping Lokal Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Anggota BPD, Anggota LPMD, Anggota PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Sebelum acara pembentukan tim penyusun RPJMDes 2020-2025 dan RKPDes 2020 dimulai, Bpk. Eko Siswanto dalam sambutannya mengatakan : “RPJMDes adalah merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk 6 tahun ke depan, RPJMDes sendiri berasal dari usulan-usulan masyarakat pada musyawarah tingkat Dusun yang telah dilaksanakan oleh BPD beberapa hari yang lalu dan akan disusun oleh tim penyusun setelah pemilihan kepala desa oleh kepala desa yang baru menjabat dilaksanakan diawal jabatannya dengan berpedoman pada RPJMDes sebelumnya. Tim penyusun RPJMDes yang terbentuk nantinya juga diharapkan sekaligus menyusun RKPDes 2020 yang mana setelah RPJMDes terbentuk, diharapkan tim dapat merumuskan dan menyusun usulan priotitas untuk satu tahun ke depan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar kades yang menjabat pada periode ketiganya ini.

Dalam kesempatan kali ini Tim Asistensi dari Kecamatan Soko diwakili oleh Bpk. Masykuri, S.Sos (Kasi Pemerintahan Kec. Soko) menyampaikan bahwa : “Tim penyusun RPJMDes hendaknya melaksanakan kegiatan sesuai aturan yang telah di jelaskan pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang pembangunan Desa, Tim Penyusun berjumlah ganjil minimal 7 dan maksimal 11 orang yaitu kepala Desa selaku pembina, sekretaris Desa selaku ketua, unsur LPMD selaku sekretaris dan anggota yang berasal dari perangkat Desa, lembaga pemberdayaan masyarakat, kader pemberdayaan masyarakat Desa, dan unsur masyarakat lainnya. Adapun Tugas dan Fungsi dari Tim Penyusun RPJMDes ini adalah penyelarasan arah kebijakan pembangunan Kabupaten, pengkajian masalah yang dihadapi desa, penyusunan rancangan RPJM Desa dan penyempurnaan rancangan RPJM Desa. Diharapkan RPJM Desa 2020-2025 sudah dapat diselesaikan sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan yakni 3 bulan setelah Kepala Desa dilantik maka RPJM Desa harus sudah selesai.”

Susunan Tim Penyusun RPJM Desa Nguruan Tahun 2020-2025 dan RKPDes 2020 adalah sebagai berikut:
1. Eko Siswanto, SE (Pembina/Kepala Desa)
2. Muhaimin (Ketua/Sekretaris Desa)
3. Drs. Noer Nasihin (Sekretaris/Ketua LPMD)
4. Syaiful Arif, S.Pd (Anggota/Kaur Perencanaan)
5. Miftahul Huda, S.Ap (Anggota/Kasi Pemerintahan)
6. Abd. Rohman, S.Pd (Anggota/Sekretaris LPMD)
7. Abd. Rozaq, S.Pd (Anggota/KPMD Laki-Laki)
8. Siti Nur Wijayanti (Anggota/KPMD Perempuan)
9. Drs. S. Karlan Trianto (Anggota/TokohMasyarakat)

Selanjutnya Kepala Desa berkewajiban membuat SK Tim Penyusun RPJMDes 2020-2025 dan RKPDes 2020 agar tim segera melaksanakan tugas-tugasnya sehingga dalam agenda ke depan yakni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes) nanti semua usulan prioritas sudah masuk di dalam RPJMDes dan RKPDes untuk disahkan dalam bentuk Peraturan Desa. (Admin : Bayan Arif)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus