04 Oktober 2019 23:12:44
Ditulis oleh Syaiful Arif

Musyawarah Dusun Sebagai Pra Syarat Penyusunan RPJM Desa Nguruan Tahun 2020-2025

nguruan-soko.desa.id - 273 orang kepala desa yang baru saja memenangi kontestasi pemilihan kepala desa serentak periode 2019-2025 pada tanggal 10 Juli 2019 di Tuban dan telah dilantik pada tanggal 14 Agustus 2019 harus dihadapkan dengan tugas pertamanya yakni maksimal 3 bulan setelah kepala desa dilantik, maka harus sudah rampung menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Hal ini sesuai dengan amanat Pasal 79 Undang-undang Nomor 6 tentang Desa Tahun 2014.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) merupakan penjabaran dari “Visi dan Misi” Kepala Desa dan program desa yang penyusunannya berpedoman pada RPJMDes sebelumnya dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP Daerah) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM Nasional) yang pelaksanaannya setelah pelantikan kepala desa.

Musyawarah Dusun atau sebutan lain Musdus merupakan tahapan pertama yang harus dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai proses awal perencanaan partisipatif dari warga, oleh warga dan untuk warga. Dalam rangka penyusunan RPJMDes 2020-2025 sesuai amanat Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Peraturan Daerah Kabupaten Tuban Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pedoman Pembentukan Peraturan di Desa maka BPD harus menggali permasalahan dan harus menemukan formula penyelesaian masalah serta mengenali potensi pendayagunaan sumber daya Desa.

Pelaksanaan Musdus pertama digelar pada Hari Jum’at (4/10/2019) jam 19.30 WIB sampai dengan selesai yang diawali dari Dusun Krajan bertempat di Balai Desa Nguruan dan dipimpin langsung oleh Ketua BPD Nguruan (Bpk. Muh. Khoirun Nafi’, S.Pd). Sedangkan pelaksanaan Musdus kedua rencananya dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2019 di Balai Pertemuan Dusun Bulung. 

Hasil penggalian gagasan menjadi dasar bagi warga masyarakat dalam merumuskan usulan rencana kegiatan yang meliputi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa yang selanjutnya Pemerintah Desa akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) untuk menetapkan usulan-usulan tersebut yang akan dimuat dalam RPJMDes sebagai pedoman Kepala Desa untuk membangun Desa 6 tahun kedepan.

Pelaksanaan Musdus Penyusunan RPJMDes ini bertujuan sebagai media Masyarakat Dusun untuk mengemukakan pendapat. Proses penggalian gagasan dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat Desa mulai dari RT/RW dan perwakilan bidang pertanian, kesehatan, pendidikan, kepemudaan, serta Pendamping Lokal Desa (Bpk. M. Mahrus, S.Pd) selaku nara sumber data dan informasi. (Syaiful Arif)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus