Artikel

Cegah Wabah Virus Corona, Wabup Lakukan Dialog Interaktif

23 Maret 2020 15:48:01  Admin  100 Kali Dibaca  Info Pemkab Tuban

Info Pemkab - Wakil Bupati Tuban melakukan dialog interaktif membahas Antisipasi Pemkab Tuban Cegah Pandemi Covid-19, Senin (23/03). Dialog yang disiarkan LPPL Pradya Suara Tuban juga menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban.

Wabup Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menyampaikan agar masyarakat tetap tenang, tidak panik namun tetap waspada dalam menghadapi Covid-19. Saat ini banyak berseliweran berita yang kurang tepat. Karenanya, masyarakat harus cermat, bijak dalam bermedsos atau mencerna informasi yang didapat.

“Masyarakat harus mencari sumber berita yang valid, karena banyak berita hoaks maupun disinformasi,” ungkapnya.

Menurut Wabup, masyarakat juga diharapkan mematuhi intruksi dari pemerintah, di antaranya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta social distancing.

Social Distancing tersebutmasih kata Wabupmemerlukan partisipasi aktif, kesadaran dan kedisiplinan dari masyarakat. Karenanya, perlu diambil pendekatan yang tepat agar masyarakat bisa memahami dan tidak salah paham.

Pemkab Tuban, lanjut Wabup, telah melakukan sosialisasi hingga di tingkat RT/RW. Pemerintah desa diharapkan berkoordinasi dengan Puskemas untuk dilakukan upaya persuasif dan pemantauan dengan lebih baik. Utamanya di wilayah yang memiliki Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Sampai saat ini tercatat 17 ODP dan 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Semuanya ditangani Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Tuban. Khusus PDP saat ini tengah diisolasi di RSUD dr. R. Koesma Tuban menunggu hasil laboratorium,” jelasnya.

Wabup meminta Seluruh OPD terkait harus terus memberikan informasi tentang perkembangan dan pencegahan Covid-19. Aparatur Pemkab Tuban juga harus memberi contoh dan memberi sosialisasi pencegahan Covid-19. Peran dari tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung upaya pencegahan tersebut.

Wabup juga memberi apresiasi terhadap insan medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani Covid-19. Insan medis yang memberikan pelayanan terdepan harus dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Menyikapi masih banyaknya warga yang masih di luar rumah, Wabup Tuban mengimbau agar warung kopi maupun tempat berkumpul yang lain untuk menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Terkait ini Satpol PP tidak dapat memberikan sanksi hukum bagi masyarakat yang masih berkegiatan di luar rumah, karena di luar kewenangannya.

“Penangangan Covid-19 memerlukan dukungan dari semua pihak, serta partisipasi dan kedisiplinan yang tinggi,” seru Wabup.

Kepala Dinkes Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo menambahkan RSUD dr. R. Koesma Tuban telah menyediakan sarana dan prasarana untuk menangani Covid-19. Telah disediakan 6 ruang isolasi di mana tiap ruang dapat ditempati 2 orang. “Saat ini juga akan disiapkan 2 ruang isolasi lagi,” ujarnya.

“RSUD Ali Manshur juga akan menyiapkan 2 ruang isolasi. Selain rumah sakit milik pemerintah, rumah sakit swasta juga diminta untuk menyiagakan minimal 2 ruang isolasi,’’ imbuh Bambang.

Bambang mengingatkan agar masyarakat rutin mencuci tangan. Jika memang tidak ada hand sanitizer, maka dapat menggunakan sabun cuci tangan lainnya. Dengan rutin mencuci tangan, mampu menekan pencegahan dan membunuh Covid-19 hingga 80 persen.

Untuk diketahui, Pemkab Tuban bergerak cepat dalam menangani penyakit Covid-19. Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, maka Pemkab Tuban segera membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan surat tersebut masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak panik. Di samping itu, harus menyikapinya dengan bijak dan bersabar, serta mentaati Surat Edaran Bupati terkait Kewaspadaan Covid-19. Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Jalan Brawijaya nomor 3 Tuban atau menghubungi Call Center 119 ext 9 atau 082 167 119 119. Perkembangan informasi Covid-19 juga dapat diakses melalui covid19.tubankab.go.id . (Sumber : MCT)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


SEBARAN COVID-19 DI TUBAN

Tips Mencegah COVID-19

Aparatur Desa

Back Next

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:10
    Kemarin:541
    Total Pengunjung:153.297
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.215.62.41
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik Penduduk